Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Novel Api Tauhid Karya Habiburrahman El-Shirazy

Advertisement
Jejak Pendidikan- kalimat-kalimat yang menunjukkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam novel tersebut, diantaranya nilai-nilai pendidikan Islam dalam aspek aqidah, aspek akhlak, aspek ibadah dan aspek sosial kemasyarakatan.

Nilai-nilai pendidikan Islam yang ditemukan oleh peneliti dalam aspek aqidah antara lain: iman kepada Allah SWT, iman kepada hari akhir serta iman kepada takdir. Sedangkan dalam aspek ibadah peneliti menemukan data yang menunjukkan nilai-nilai sholat, berdoa dan menuntut ilmu yang dilakukan cara berdiskusi, membaca, belajar melalui alam, belajar ilmu agama serta menuntut ilmu dengan cara mengulang hafalan/murojaah.

Dalam aspek akhlak, nilai-nilai pendidikan Islam yang ditunjukkan antara lain nilai jujur, bersyukur, ikhtiar, berterima kasih dan meminta maaf, menghormati orang tua dan guru, amar ma'ruf nahi mungkar, mengucapkan kalimat istirja‟, takbir, tasbih dan tahmid, bersikap wara‟ dan huznudzan, mendoakan orang yang sedang sakit, dan disiplin waktu. Dan data terakhir yang ditemukan oleh peneliti adalah nilai-nilai pendidikan Islam dalam aspek sosial kemasyarakatan yang meliputi nilai tolong menolong.

Subscribe to receive free email updates: