Fungsi Pondok Pesantren

Advertisement
Jejak Pendidikan- Pada masa permulaan tumbuhnya pondok pesantren hanyalah berfungsi sebagai alat islamisasi, yang sekaligus berfungsi memadukan tiga unsur pendidikan yaitu:

  1. Ibadah untuk menanamkan iman.
  2. Tabligh untuk menyebarkan ilmu dan amal, dan
  3. Untuk mewujudkan kegiatan kemasyarakatan dalam kehidupan seharihari.


Dalam menjalankan fungsi dan peranannya yang luas baik dalam pondok pesantren sendiri maupun di dalam masyarakat kegiatan pondok pesantren tercakup dalam: "Tri Darma Pondok Pesantren", seperti telah disebutkan yaitu:

  1. Keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT
  2. Pengembangan keilmuan yang bermanfa'at
  3. Pengabdian terhadap agama, masyarakat dan santri. 


Keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT sudah sejak awal menjadi ciri poko dari pendidikan pondok pesantren. Demikian pula pengembangan keilmuan yang bermanfa'at, hanya pengertian yang bermanfa'at itu diperluas tidak terbatas dengan pengetahuan agama dan ilmu alat seperti nahwu dan sharaf, akan tetapi harus juga termasuk berbagai ilmu pengetahuan umum lainnya.

Dengan berpegang pada landasan tersebut, tampaknay pesantren dapat mengembangkan aktifitasnya secara maksimal, meskipun dalam pengelolaan dan pembinaannya hanya dilakukan oleh orang-orang pesantren itu sendiri, sebab bagaimanapun prinsip-prinsip yang ingin dikembangkan menurut Tri Darma Pesantren tersebut adalah sangat luas dan mencakup berbagai aspek.




Rujukan:

  1. Abdul Munir Mulkhan, Menggagas Pesantren Masa Depan Geliat Suara Santri Untuk Indonesia Baru, (Yogjakarta:Qirtas, 2003),
  2. Imron Arifin, Kepemimpinan Kyai (Kasus Pondok Pesantren Tebuireng) , Kalimasahadah Press, Cet. Pertama, Malang, 1983.)

Subscribe to receive free email updates: