Tujuan Remedial Teaching

Advertisement
Jejak Pendidikan- Secara umum, tujuan pengajaran perbaikan tidak berbeda dengan pengajaran biasa, yaitu dalam rangka mencapai tujuan belajar yang telah ditetapkan. Secara khusus, pengajaran perbaikan bertujuan agar siswa yang mengalami kesulitan belajar dapat mencapai prestasi atau hasil belajar yang diharapkan sekolah. Secara terperinci, tujuan pengajaran perbaikan, yaitu:

  1. Agar siswa memahami dan mengenali dirinya khususnya yang menyangkut prestasi belajar, misal: segi kemampuannya segi kelemahannya dan jenis serta sifat kesulitannya.
  2. Dapat memperbaiki atau mengubah cara belajar kearah yang lebih baik.
  3. Dapat memilih materi dan fasilitas belajar secara tepat untuk mengatasi kesulitan belajarnya.
    Tujuan Remedial Teaching
  4. Mengembangkan sikap-sikap dan kebiasaan baru yang dapat mendorong tercapainya hasil belajar yang baik.
  5. Dapat menyelesaikan dan melaksanakan tugas-tugas belajar yang diberikan kepadanya dengan benar dan baik.

Dari sini, bisa disimpulkan bahwa tujuan guru melaksanakan kegiatan remedial adalah membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran agar mencapai hasil belajar yang lebih baik. Tujuan pengajaran remedial disini tidak berbeda dengan pengajaran pada umumnya, yaitu agar siswa dapat mencapai prestasi belajar optimal sesuai dengan standart yang telah dirumuskan. Dengan demikian, pengajaran remedial bertujuan agar murid yang mengalami kesulitan belajar dapat mencapai hasil belajar yang diharapkan melalui proses perbaikan. 

Subscribe to receive free email updates: