Pengertian Model Pembelajaran Mind Mapping

Advertisement
Jejak pendidikan- Sebuah Mind Mapping adalah teknik grafis yang kuat yang memberikan kunci universal untuk membuka potensi otak. Penggunaan Mind Mapping ini menggunakan keterampilan kortikal – kata, gambar, nomor, logika, ritme, warna, dan ruang kesadaran dalam satu, cara unik yang kuat. 

Dengan demikian, hal itu dapat memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk menjelajahi luas tak terbatas dari otaknya. Mind Mapping dapat diterapkan pada setiap aspek kehidupan di mana peningkatan belajar dan berpikir lebih jelas akan meningkatkan kinerja manusia.
Pengertian Model Pembelajaran Mind Mapping


Namun tidak berarti bahwa Mind Mapping hanya cocok digunakan oleh peserta didik yang memiliki kecenderungan belajar visual saja. Sebab pada praktiknya, proses belajar selalu melibatkan ketiga aspek, baik visual, auditori ataupun kinestetik. 

Hanya saja dengan Mind Mapping, ide, gagasan, permasalahan, solusi atau apapun yang terlintas di kepala dan membebani otak bawah sadar kita yang selama ini sulit untuk direkam, maka dapat dengan mudah langsung dituliskan di atas selembar kertas. Dengan kata lain, Mind Mapping adalah metode efektif untuk menuangkan semua gagasan yang ada di dalam pikiran.


Rujukan: 
Doni Swadarma, Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran (Jakarta: Gramedia, 2013),

Subscribe to receive free email updates: