Pengertian Efektifitas

Advertisement
Jejak Pendidikan- Efektivitas berasal dari kata efektif yang memiliki makna tercapainya suatu keberhasilan sesuai tujuan yang telah ditetepkan sebelumnya. Menurut IMade Budi, efektivitas adalah suatu keadaan yang terjadi sebagai akibat yang dikehendaki.

Efektifitas adanya kesesuaian antara orang yang melaksanakan tugas dengan sasaran yang dituju. Menurut Robbins dalam Daryanto, efektivitas merupakan suatu konsep yang lebih luas mencakup berbagai faktor di dalam maupun di luar diri dari seseorang, efektivitas tidak hanya dilihat dari hasil tetapi juga dari sisi persepsi maupun sikap seseorang dan sebagai ukuran kepuasan yang dicapai oleh seseorang.

Pengertian EfektifitasEfektifitas pembelajaran akan meningkat apabila guru dapat memilih dan menggunakan model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran, dan membimbing pembelajaran di kelas atau yang lain.

Dengan kata lain bahwa efektifitas akan tercapai bila komponen input, proses, dan output masing-masing mendukung target yang menjadi tujuan yang dicita-citakan. Input yaitu adanya kesiapan guru, siswa dan sarana pembelajaran. Proses yaitu adanya solusi dari hambatan-hambatan aktifitas pembelajaran. Output adalah hasil yang dicapai dalam pembelajaran tersebut. Dengan demikian, Efektifitas berkait kelindan antara ketercapaian tujuan dengan rencana yang telah disusun sebelumnya. Jadi tidak hanya hasil saja yang dilihat tapi secara keseluruhan dari sistem.

Rujukan:

  1. Nana Sudjana, Evaluasi Hasil Belajar, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009).
  2. Budi, I Made. Analisis Efektivitas dan Efisiensi Pajak Reklame serta Prospeknya di Kabupaten Bandung. Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 2013/Vol.2.
  3. E. Mulyasa, Manajemen Berbasis Sekolah, (Bandung: Rosda Karya, 2003).
  4. Daryanto. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting DalamMencapai Tujuan Pembelajara, (Yogyakarta: Gava Media, 2010).
  5. Rusman. Model-Model Pembelajaran, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013).

Subscribe to receive free email updates: