Pengaruh Remedial Teaching Dengan Pendekatan Kuratif Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits

Advertisement
Jejak Pendidikan- Dalam proses belajar mengajar selalu dijumpai adanya anak yang berbakat, kemampuan tinggi, ada yang kurang berbakat, ada yang cepat ada yang lambat, di samping latar belakang mereka berupa pengalaman yang berbeda-beda. Dari perbedaan tersebut sering kita jumpai dalam proses belajar mengajar adanya siswa yang berhasil mencapai hasil belajar yang memuaskan, tetapi sebaliknya ada juga siswa yang belum berhasil dalam belajarnya dan dapat mencapai hasil belajar yang diharapkan.

Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, baik faktor yang ada dalam dirinya maupun faktor diluar dirinya. Namun demikian, pada dasarnya setiap siswa dapat dibantu baik secara individual maupun kelompok untuk memperbaiki hasil belajar yang dicapai sesuai dengan kemampuannya masing-masing.

Salah satu bantuan yang dilaksanakan adalah melalui Remedial Teaching, yaitu suatu bentuk pengjaran khusus yang sifatnya memperbaiki proses belajar. Remedial Teaching (Pengajaran Remedial) digunakan untuk membantu murid yang mangalami kesulitan belajar. Setiap guru seyogyanya memiliki pengetahuan tentang Remedial Teaching dan dapat melaksanakan dalam keseluruhan belajar mengajar untuk mencapai hasil yang optimal sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa.

Dalam hal ini peneliti lebih memfokuskan pada proses pembelajaran yang dilakukan di kelas khususnya pada mata pelajaran Qur’an hadits yang setidaknya sudah menerapkan Remedial Teaching dalam setiap kompetensi dasarnya (KD) guna mencapai standar nilai yang ditetapkan oleh guru yang mengajar dan untuk meningkatkan hasil prestasi yang dicapai melalui ujian atau ulangan perbaikan bagi siswa yang masih belum bisa mencapai standar nilai yang diharapkan.

Disini, yang peneliti bahas adalah remedial teaching dengan pendekatan kuratif. Pendekatan ini diadakan mengingat kenyataannya ada seseorang atau sejumlah siswa, bahkan mungkin seluruh anggota kelompok belajar tidak mampu menyelesaikan program secara sempurna sesuai dengan kriteria keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Pelaksanaan layanan pengajaran remedial dapat diberikan secara perseorangan (individual) kalau ternyata siswa yang memerlukan bantuan itu jumlahnya terbatas, dan secara kelompok (peers group) kalau ternyata terdapat sejumlah siswa yang mempunyai jenis atau sifat kesulitan bersama.

Dan dalam pelajaran Qur’an Hadits sendiri ada beberapa kesulitan dalam menerima pelajaran, misalnya dalam memahami, membaca dan menulis bacaan Al-Qur’an sering mangalami hambatan dan kekeliruan, bila kekeliruan itu tidak dibenarkan maka akan menjadi tidak terarah dan menjadi terkurangi makna kandungan ayat-ayat dalam Al-Qur’an karim.


Jadi, bisa disimpulkan bahwa pengaruh remedial teaching dengan pendekatan kuratif terhadap peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur’an Hadits adalah hasil wujud perkembangan suatu kegiatan yang diberikan guru kepada seseorang atau sejumlah siswa yang belum menguasai bahan pelajaran yang telah diberikan dan tidak mampu menyelesaikan program secara sempurna sesuai dengan kriteria keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Sehingga siswa diharapkan mampu mencapai tujuan belajar yang telah ditentukan dan nantinya berdampak baik bagi hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits.

Subscribe to receive free email updates: