Macam-macam Media Pembelajaran

Advertisement
Jejak PendidikanMenurut Oemar Hamlik (1985:63) 4 klasifikasi media pembelajaran, yaitu:
  1. Alat visual yang dapat dilihat, misalnya filmstrip, transparansi, micro projection, papan tulis, bulletin board, gambar-gambar, ilustrasi, chart, grafik, poster peta dan globe.
  2. Alat-alat yang bersifat auditif atau hanya dapat didengar misalnya; phonoghaph record, transkripsi elektrik, radio, rekaman pada tape recorder.
  3. Alat-alat yang bisa dilihat dan didengar, misalnya film dan televisi, benda-benda 3 dimensi yang biasanya dipertunjukkan, misalnya: model, spicemens, bak pasir, peta elektrik, koleksi diorama dan proyeksi.
    Macam-macam Media Pembelajaran


Sri Anitah mengklasifikasikan media pembelajaran menjadi 4, yaitu:
  1. Media Visual. Media ini juga bisa disebut media pandang, karena seseorang dapat menghayati media tersebut melalui penglihatannya. Misalnya: karikatur, poster, diagram, grafik peta dan lainya.
  2. Media Audio. Media audio merupakan suatu media untuk menyampaikan pesan dari pengirim ke penerima pesan melalui indra pendengaran. Misalnya: radio, tape recoeder, CD, mp3 dan lainya.
  3. Media Audio Visual. Media audio visual merupakan media yang dapat dilihat dan diamati sekaligus dapat mendengarkan sesuatu dari media ini. Misalnya: slide suara dan televisi.
  4. Multimedia. Multimedia saat ini sinonim dengan computer based yang mengkombinasikan teks, grafis, audio, bahkan video ke dalam satu penyajian digital. Contoh multimedia dalam pendidikan dan pelatihan; slide yang disinkronkan dengan audiotape, videotape, CD-ROM, World Window Web, dan lain sebagainya.


Rujukan:
Musfiqon, Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran, ( Jakarta: Prestasi Pustakaraya, 2012).

Subscribe to receive free email updates: