Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences)

Advertisement
http://www.jejakpendidikan.com/
http://www.jejakpendidikan.com/
Jejak Pendidikan- Kecerdasan Majemuk majemuk adalah kecerdasan yang sangan penting dan sangat menyeluruh yang akan dimiliki oleh seseorang karena kecerdasan tersebut meliputi kecerdasan bahasa (Linguistik), kecerdasab Logis Matematis, kecerdasan Visual-Spasial, Kecerdasan Musikal, kecerdasan kinestetik (tubuh), kecerdasan interpersonal, Intrepersonal, dan Naturalis. Berikut diskripsi tujuh kecerdasan manusia menurut Gardner:

a.  Kecerdasan Linguistik (Bahasa)
Kemampuan membaca, menulis dan berkomunikasi dengan kata-kata atau bahasa. Penulis, jurnalis, penyair, orator dan pelawak adalah contoh nyata orang yang memiliki kecerdasan ini.

b.  Kecerdasan Logis Matematis
Kemampuan berfikir (menalar) dan menghitung, berfikir logis dansistematis.
Ini dalah jenis-jenis keterampilan yang sangat dikembangkan pada diri insinyur, ilmuan, ekonom, akuntan, detektif dan para anggota profesi hukum.

c.  Kecerdasan Visual –Spasial
Kemampuan berfikir menggunakan gambar, memvisualisasikan hasil masa depan. Membayangkan berbagai hal pada mata fikiran anda. Orang yang memiliki jenis kecerdasan ini antara lain para arsitek, seniman, pemahat, pelaut, fotografer dan perencanaan Metodes.

d.  Kecerdasan Musikal
Kemampuan mengubah atau menciptakan musik, serta menjaga ritme. Ini merupakan bakat yang dimiliki oleh para musisi, komposer, dan perekayasa rekaman.

e.  Kecerdasan Kinestetik (tubuh)
Kemampuan menggunakan tubuh kita secara terampil untuk memecahkan masalah, menciptakan produk atau mengemukakan gagasan dan emosi. Kemampuan ini jelas diperlihatkan untuk mengejar prestasi atletik, seni seperti menari dan akting, atau dalam bidang bangunan dan kontruksi.[1]

f.    Kecerdasan Interpersonal
Kemampuan bekerja secar efektif dengan orang lain, berhubungan dengan orang lain dan memperlihatkan empati dan pengertian, memperhatikan motivasi dan tujuan mereka. Kecerdasan jenis ini biasanya dimiliki para guru yang baik, fasilitator, penyembuh, politisi, pemuka agama dan waralaba.

g.            Kecerdasan Intrapersonal
Kemampuan menganalisis diri dan merenungkan diri, mampu merenung dalam kesunyian dan menilai prestasi seseorang, meninjau prilaku seseorang dan perasaan-perasaan terdalamnya, membuat rencana dan menyusun tujuan yang hendak dicapai, mengenal benar diri sendiri. Kecerdasan ini biasanya dimiliki oleh filosof, penyuluh, pembimbing, dan banyak penampil puncak dalam setiap bidang.

h.  Kecerdasan Naturalis
Kemampuan mengenal flora dan fauna, melakukan pemilihan-pemilihan runtut dalam dunia kealaman, dan menggunakan kemampuan ini secara produktif misalnya untuk berburu, bertani atau melakukan penelitian biologi.[2]

Berdasarkan yang dikemukakan di atas, kecerdasan yang dimiliki oleh manusia berbeda-beda, dengan semua jenis perbedaan tersebut manusia dapat mempunyai keterampilan atau potensi diri yang ada dalam diri siswa harus dikembangkan sesuai dengan kemampuannya, dengan potensi.




[1] Sumadi , Landasan Psikologi Pendidikan,(Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008), h.253

[2]Ibid.., h. 254

Subscribe to receive free email updates: