Pengertian Emotional Spiritual Quotient (ESQ)

Advertisement
JEJAK PENDIDIKAN-Pengertian Emotional Spiritual Quotient (ESQ)
http://fahrizal91.blogspot.co.id/
http://fahrizal91.blogspot.co.id/
Meskipun kecerdasan emosi dan spiritual berbeda, tetapi keduanya memiliki muatan yang sama-sama penting untuk dapat bersinergi antara satu dengan yang lain. Penggabungan dari kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual dinamakan Sebuah penggabungan gagasan kedua energi yang berguna untuk menyusun metode yang lebih dapat diandalkan dalam menemukan pengetahuan yang benar dan hakiki[1]

Ary Ginanjar Agustian mendefinisikan emotional spiritual quotient (ESQ) sebagaimana yang dikutip oleh Zamroni dan Umiarso dalam bukunya ESQ Model dan Kepemimpinan Pendidikan: Kontruksi Sekolah Berbasis Spiritual:
Emotional spiritual quotient (ESQ) sebagai sebuah kecerdasan yang meliputi emosi dan spiritual dengan konsep universal yang mampu menghantarkan pada predikat memuaskan bagi dirinya dan orang lain, serta dapat menghambat segala hal yang kontradiktif terhadap kemajuan umat manusia. Secara sederhana Ary Ginanjar Agustian menggambarkan konvergensi bentuk kecerdasan tersebut sebagai berikut:

Hal yang mendasari pemikiran Ary Ginanjar Agustian tentang emotional spiritual quotient (ESQ) adalah nilai-nilai ihsan, rukun iman dan rukun Islam. Disamping sebagai petunjuk ibadah bagi umat Islam, ternyata pokok pikiran dalam nilai-nilai ihsan, rukun iman dan rukun Islam tersebut juga memberikan bimbingan untuk mengenali dan memahami perasaan kita sendiri, dan juga perasaan orang lain, memotivasi diri, mengelola emosi dalam berhubungan dengan orang lain. Suatu metode membangun emotional quotient (EQ) yang didasari dengan hubungan antara manusia dengan Tuhannya (spiritual quotient).[2]



[1] Ary Ginanjar Agustian, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ: Emotional Spiritual Quotient Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam..., hlm. xxxviii.
[2] Ary Ginanjar Agustian, Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual
ESQ: Emotional Spiritual Quotient Berdasarkan 6 Rukun Iman dan 5 Rukun Islam..., hlm. 286.

Subscribe to receive free email updates: