Gaya belajar

Advertisement
JEJAK PENDIDIKAN- Gaya Belajar
http://fahrizal91.blogspot.co.id/
http://fahrizal91.blogspot.co.id/
dalam pembelajaran dalam menerapkan metode, maka akan memiliki ciri atau gaya khusus. maka gaya pembelajaran menurut fakhrizal ada dua bagian yaitu pembelajaran tipe visual dan pembelajaran tipe audiotorial, berikut penjelasannya: 
a.    Pembelajaran Tipe Visual
Pembelajaran yang hanya dengan melihat orang lain melakukannya siswa bisa belajar dengan sangat baik. Biasanya mereka ini menyukai penyajian informasi yang runtut. Mereka lebih suka menuliskan apa yang dikatakan guru selama pembelajaran. Mereka biasanya diam dan jarang terganggu oleh kebisingan.

b.    Pembelajaran Tipe Audiotorial
Pembelajaran yang biasanya tidak sungkan-sungkan untuk memperhatikan apa yang dikerjakan oleh guru dan membuat catatan. Mereka mengandalkan kemampuan untuk mendengar dan mengingat selama pembelajaran, mereka mungkin banyak bicara dan mudah teralihkan perhatian oleh suara atau kebisingan.[1]
Dengan dua tipe pembelajaran di atas mampu dipahami suatu pengertian bahwa siswa lebih berperan dalam sirkulasi pembelajaran sehingga menghasilkan suatu proses belajar mengajar yang dapat menghasilkan nilai tinggi terhadap siswa.




[1] Melvin L. Silberman, Active Learning,101 Cara Belajar Siswa Aktif, (Bandung: Nuansa Cendikia, 2010), h. 28-30 

Subscribe to receive free email updates: