PENGERTIAN MATAN, SANAD, RAWI

Advertisement
JEJAK PENDIDIKAN- PENGERTIAN MATAN, SANAD, RAWI


MATAN
Matan secara bahasa artinya sesuatu yang menjulang dan tinggi di atas tanah. Secara istilah, matan adalah suatu kalimat tempat berakhirnya sanad.

SANAD
Sanad secara bahasa artinya sesuatu yang dijadikan sandaran. Secara istilah, sanad adalah mata rantai persambungan periwayat yang bersambung bagi matan hadist.
Agar lebih memperjelas dan memudahkan untuk membedakan mana yang matan dan mana yang sanad, maka perhatikan hadist berikut:
حدّثنا عبد الله بن يوسف قال أخبرنا مالك عن ابن شهاب عن محمد بن جبير بن مطعم عن أبيه قال: سمعت رسول الله (صلعم) قرأ فى المغرب بالطور. (رواه البخارى)
“Telah mengkhabarkan kepada kami Abdullah bin Yusuf, dia berkata: Telah mengabarkan kepada kami Malik dari Ibnu Syihab dari Muhammad bin Jubair bin Muth’im dari bapaknya berkata: “aku mendengar Rasulullah SAW membaca surat Thur ketika Shalat Maghrib”. (HR. Bukhari).
Bagian di bawah ini adalah sanad Hadist:
حدّثنا عبد الله بن يوسف قال أخبرنا مالك عن ابن شهاب عن محمد بن جبير بن مطعم عن أبيه
“Telah mengkhabarkan kepada kami Abdullah bin Yusuf, dia berkata: Telah mengabarkan kepada kami Malik dari Ibnu Syihab dari Muhammad bin Jubair bin Muth’im dari bapaknya”.
سمعت رسول الله (صلعم) قرأ فى المغرب بالطور.
“aku mendengar Rasulullah SAW membaca surat Thur ketika Shalat Maghrib”.

ISNAD
Isnad memiliki dua pengertian: menisbatkan suatu hadist terhadap yang berbicara dengan cara bersanad.memiliki pengertian yang sama dengan sanad, yaitu santai persambungan periwayat yang bersambung bagi matan hadist.

MUSNAD
Musnad secara istilah memiliki tiga pengertian: Semua kitab yang dikumpulkan di dalamnya segala yang diriwayatkan oleh para sahabat. Hadist yang disandarkan kepda Nabi yang bersambung sanadnya. Yang dimaksud dengan musnad adalah sanad.

ROWI
Rowi adalah orang yang meriwayatkan atau memberitakan hadist. Bila anda memperhatikan contoh sanad di atas, maka yang dimaksud dengan Rowi adalah nama-nama yang ada pada sanad tersebut, yaitu:

Abdullah bin Yusuf, Malik, Ibnu Syihab, Muhammad bin Jubair bin Muth’im, dan Bukhari.

Subscribe to receive free email updates: