Langkah-langkah Metode Pembelajaran Think Talk Write

Advertisement
Jejak Pendidikan- Pada metode pembelajaran think talk write ini memiliki langkah-langkah yaitu:

  1. Guru membagikan LKS yang memuat soal yang harus dikerjakan oleh siswa serta petunjuk pelaksanaannya.
  2. Guru membagi siswa dalam kelompok kecil (3-5 siswa).
  3. Siswa berinteraksi dan berkolaborasi dengan teman satu grup untuk membahas isi catatan (think) dan hasil catatan tersebut dikomunikasikan (talk).
  4. Dari hasil diskusi, peserta didik secara individu merumuskan pengetahuan berupa jawaban atas soal dalam bentuk tulisan (write).
  5. Kegiatan akhir pembelajaran adalah membuat refleksi dan kesimpulan atas materi yang dipelajari. Sebelum itu, dipilih beberapa siswa atau perwakilan kelompok untuk menyajikan jawabannya.

Menurut Silver dan Smith, peranan dan tugas guru dalam mengefektifkan penggunaan metode think talk write (TTW). Pertama, mengajukan pertanyaan dan tugas yang mendatangkan keterlibatan dan menantang setiap siswa untuk berfikir. Kedua, mendengarkan secara hati-hati ide siswa. Ketiga, menyuruh siswa mengemukakan ide secara lisan dan tulisan. Keempat, memutuskan apa yang digali dan dibawa siswa dalam diskusi. Kelima, memutuskan kapan memberi informasi, mengklarifikasi persoalanpersoalan, menggunakan model, membimbing dan membiarkan siswa berjuang dengan kesulitan. Keenam, memonitoring dan menilai partisipasi siswa dalam diskusi dan memutuskan kapan dan bagaimana mendorong setiap siswa untuk berpartisipasi

Subscribe to receive free email updates: