Biografi Abdullah Nashih Ulwan

Advertisement
Jejak Pendidikan- Berikut kami akan menjelaskan biografi  Abdullah Nashih Ulwan yang telah kami rangkup dengan jelas dan mudah untuk dimengerti. 

Asal Usul Abdullah Nashih Ulwan

Abdullah Nashih Ulwan adalah seorang tokoh muslim, ia dilahirkan di kota Halab Suriah pada tahun 1928 tepatnya didaerah qodhi askar. Beliau mempunyai nama lengkap Al-Ustadz Syaikh Abdullah Nashih Ulwan. 

Abdullah Nashih Ulwan putra Syekh Ulwan yang pada umur 15 beliau sudah menghafal al-Qur'an dan menguasai ilmu Bahasa Arab dengan baik. Beliau sangat cemerlang dalam pelajaran dan selalu menjadi tumpuan rujukan teman-temannya di madrasah. Beliau adalah orang yang pertama kali memperkenalkan mata pelajaran Tarbiyah Islamiyah sebagai pelajaran dasar di sekolah.

Dan pada perkembangan selanjutnya, pelajaran Tarbiyah Islamiyah ini menjadi mata pelajaran wajib yang harus diambil murid-murid di sekolah menengah di seluruh Suriyah. Beliau aktif sebagai da’i di sekolahsekolah dan masjid-masjid di daerah Halab.

Abdullah Nashih Ulwan merupakan pemerhati masalah pendidikan terutama pendidikan anak dan dakwah Islam. Jenjang pendidikan yang dilaluinya yakni setelah beliau menyelesaikan Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama, beliau melanjutkan ke Sekolah Lanjutan Tingkatan Atas di Halab juga pada tahun 1949. Jurusan Ilmu Syari’ah dan Pengetahuan Alam.

Kemudian melajutkan di Al-Azhar University (Mesir) mengambil Fakultas Ushuluddin, yang selesai pada tahun 1952 diselesaikan selama 4 tahun, dengan gelar sarjana. Dan melanjutkan S-2 pada perguruan tinggi lulus pada tahun 1954 dan menerima ijazah spesialis bidang pendidikan, setaraf dengan Master of Arts (MA).

Pada tahun yang sama (1954) ia belum sempat meraih gelar doktor pada perguruan tinggi tersebut, karena diusir dari negeri Mesir karena ia seorang aktivis dalam organisasi ikhwanul musliminyang dikenal ajarannya radikal, yaitu tahun 1954, Ulwan aktif menjadi seorang da’i.
Pada tahun 1979 Abdullah Nashih Ulwan meninggalkan Suriah menuju ke Jordan, di sana beliau tetap menjalankan dakwahnya dan pada tahun 1980 beliau meninggalkan Jordan ke Jeddah Arab Saudi setelah mendapatkan tawaran sebagai dosen di Fakultas Pengajaran Islam di Universitas Abdul Aziz dan beliau menjadi dosen di sana. Beliau berhasil memperoleh ijazah Doktor di Universitas Al-Sand Pakistan pada tahun 1982 dengan desertasi “Fiqh Dakwah wa Daiyah”.

Setelah pulang menghadiri pengkumpulan di Pakistan beliau merasa sakit di bagian dada, lalu dokter mengatakan bahwa ia mengalami penyakit di bagian hati dan paru-paru, lalu beliau dirawat di rumah sakit. Abdullah Nashih Ulwan meninggal pada tanggal 29 Agustus 1987 M bertempatan dengan tanggal 5 Muharram 1408 H pada hari Sabtu jam 09.30 pagi di rumah sakit Universitas Malik Abdul Aziz Jeddah Arab Saudi dalam usia 59 tahun. Jenazahnya di bawa ke Masjidil Haram untuk dishalati dan dikebumikan di Makkah.

Karya-karya DR. Abdullah Nashih Ulwan

Sebagai seorang ulama dan cendikiawan muslim, beliau telah banyak menulis buku, termasuk penulis yang produktif, untuk masalah-masalah dakwah, syari’ah dan bidang tarbiyah. Sebagai spesialisasinya ia dikenal sebagai seorang penulis yang selalu memperbanyak fakta-fakta Islami, baik yang terdapat dalam Al-Qur’an, as-Sunnah, dan atsar-atsar para salaf yang saleh terutama dalam bukunya yang berjudul “Tarbiyatul Aulad fil Islam”.

Hal ini sesuai dengan pendapat Syeh Wahbi Sulaiman al-Ghawaji al-Albani yang berkata bahwa dia adalah seorang beriman yang pandai dan hidup.

Abdullah Nashih Ulwan telah menulis beberapa karya ilmiah yang dapat dikaji dan dipelajari oleh para generasi muda Islam dan umat Islam pada umumnya. Kebanyakan karya tulisnya berkisar pada masalah dakwah dan pendidikan. Diantara karya-karya beliau adalah:

Karya yang berkisar pada masalah dakwah dan pendidikan
One. Al-Takafulul al-Ijtima’i fil
Islam
التكافل الإجتماعي في الإسلام
Two. Ta’addudu al- Zaujah fil
Islam
تعدد الزوجات في الإسلام
Three. Sholahuddin al-Ayyubi
صلاح الدين الأيوبي
Four. Hatta Ya’ Lama al-Syabab
حتى يعلم الشباب
Five. Tarbiyatul Aulad fil Islam.
تربيه الاولاد في الإسلام

Karya yang menyangkut kajian Islam (Studi Islam) :
One. Ila Kulli Abin Ghayyur Yu’min Billah
الى كل أب غير يؤمن بالله
Two. Fadha’ilul al-Shiyam wa Ahkamuhu
فضائل الصيام واحكامه
Three. Hukmu al-Ta’min fil Islam
حكم التأمن في الإسلام
Four. Ahkamul al-Zakat (Empat Madzhab)
احكام الزكاة (على ضوء المذاهب الاربعة)
Five. Syubhat wa-Rudud
شبهات والردود
Six. Aqabatu’zzawaj wa-Thuruqu Mu’alajtiha ’Ala Dhau’i Islam
عقابات الزواج وطروق معالجتها على ضوء الاسلام
Seven. Masuliyatul al-Tarbiyah al-Jinsiyah
مسؤولية التربية الجنسية
Eight. Illa Warasatil al-Anbiya’
الى وراثة الأنبياء
Nine. Huku’l Islam fi Wasa’ Ilil I’Lam
حكم الاسلام فى وسائل الإعلام
Ten. Tawinu’sy Syahkhsiyah Alinsaniyah fi
Nazari’i Islam
تكو ين الشخشية الإنسانية في نظر الإسلام (محاضرة)
Eleven. Adabul Khitbah wa’z Zifaf Wahuququ’z
Zaujaini
اداب الخطبة والزفاف وحقوق الزوجين
Twelve. Ma’alimu’l Hadzarah al-Islamiyah wa
Atsaruha fi’n Nahdhah Al-Aurubiyyah
معالم الحظرة الإسلامية واثارها في النهضية العربية
Thirteen. Nizhamu’r Rizqi Fi’l Islam
نظام الرزق في الإسلام
Fourteen. Hurriyatu’ I I’tiqad Fi’sy Syari’ah Al-
Islamiyah
حرية الاعتقاد في الشريعة الإسلامية
Fifteen. Al-Islam Syari’atuz Zaman Wa ‘Imakan
الإسلام سريعة الزمان والمكان
Sixteen. Al-Qoumiyyah fi Mizani Islam.5
القومية في مزان الإسلام
Selain karya-karya tersebut di atas juga akan menerbitkan karya yang berjudul Qishotul Hidah. Buku tersebut menyikap kelompok Islam yang tendentif terdiri dari dua jilid.

Latar Belakang Pendidikan DR. Abdullah Nashih Ulwan

Abdullah Nashih Ulwan telah belajar di bebarapa sekolah diantaranya:
  1. Sekolah Dasar dan sekolah lanjutan pertama di Halab selesai tahun 1964.
  2. Sekolah Lanjutan Tingkat Atas jurusan Ilmu Syari’ah dan Pengetahuan di Halab selesai tahun 1949.
  3. Universitas al-Azar di Mesir mengambil fakultas Ushuluddin dapat terselesaikan pada tahun 1952.
  4. Di al-Azhar, Abdullah Nashih Ulwan melanjutkan S-2 dan lulus pada tahun 1954 dan menerima Ijazah Spesialis Pendidikan setara dengan Master of Arts (M.A)


Rujukan:

Mustafti, Makalah: Pemikiran Dr. Nasih Ulwan tentang Pendidikan Islam, (Pekalongan: STAIN Pekalongan, 2002)
Abdullah Nashih Ulwan, Tarbiyatul Aulad fil Islam, terj. Saifullah Kamali dan Hery Noer Ali, Pedoman Pendidikan Anak dalam Islam, Semarang: asy-Syifa’, Jilid II, t.th.
Dr. Abdullah Abdul Nashih Ulwan, Tarbiayatul Aula Fil Islam, Juz 2, Darussalam Lithoba’i Wa Nasyiri Wa Tawazi, Beirut, t,th.
Abdullah Nashih Ulwan, Terj. Saifullah Kamali dan Hery Noer Ali.

Subscribe to receive free email updates: